Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

ATIKA GUSPITASARI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ATIKA GUSPITASARI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Atika Guspitasari, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa di MTs Darul Hikmah Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan factorial experiment design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti model Contextual Teacing and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model Contextual Teacing and Learning (CTL) dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teacing and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa MTs Darul Hikmah Kota Pekanbaru, sehingga dapat menjadi alternatif proses pembelajaran yang bisa diterapkan di sekolah. Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Koeksi Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:23
Last Modified: 26 Jan 2024 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77686

Actions (login required)

View Item View Item