Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MEDIA AJAR DIGITAL INTERAKTIF PADA PENULISAN CERPEN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR

ELVI RAHMI, - (2024) PENERAPAN MEDIA AJAR DIGITAL INTERAKTIF PADA PENULISAN CERPEN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

ELVI RAHMI (2023) : PENERAPAN MEDIA AJAR DIGITAL INTERAKTIF PADA PENULISAN CERPEN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media ajar digital interaktif pada penulisan cerpen dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan hasil tes penulisan cerpen dengan menggunakan media ajar digital interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 XIII Koto Kampar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa pada kelas XI. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan media ajar digital interaktif pada penulisan cerpen dan kemampuan siswa dalam penulisan cerpen dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan penerapan media ajar digital interaktif pada penulisan cerpen dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 XIII Koto Kampar telah berjalan dengan baik dengan persentase secara keseluruhan mencapai 86,40%. Rata-rata kemampuan siswa dalam penulisan cerpen dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 XIII Koto Kampar adalah sebesar 68% dengan kategori cukup. Adapun rata-rata tertinggi kemampuan siswa dalam penulisan cerpen yakni kesesuaian judul dengan tema dengan nilai rata-rata sebesar 79,26, dan yang terendah yaitu penerapan ejaan dengan nilai rata-rata sebesar 53,33. Kata Kunci: Penerapanm, Media Ajar Digital Interaktif, Penulisan Cerpen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:44
Last Modified: 25 Jan 2024 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77675

Actions (login required)

View Item View Item