Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTs

AMALIA FADILA RAHMA, - (2024) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMALIA FADILA RAHMA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Amalia Fadila Rahma, (2023): Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa SMP/MTs Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP 23 Negeri Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial desaign. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket motivasi belajar, lembar observasi dan foto dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran openended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan open-ended dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan open-ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru. Kata Kunci: Open-ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:22
Last Modified: 25 Jan 2024 06:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77665

Actions (login required)

View Item View Item