Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs

UTAMI RETNO SUNDARI, - (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI UTAMI RETNO SUNDARI.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Utami Retno Sundari, (2023): Pengembangan E-Modul Menggunakan Sigil Software Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Keislaman Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul menggunakan sigil software berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 17 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah e-modul menggunakan sigil software berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Berdasarkan uji validitas, e-modul menggunakan sigil software berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman dinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 93,74%. Berdasarkan uji terbimbing terintegrasi keislaman dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 92,56%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasi bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan representasi matematis siswa diperoleh Zhitung = 5,07 > dari Ztabel = 1,96 yang dinyatakan efektif. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa E-Modul yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: E-Modul, Sigil Software, Penemuan Terbimbing, Terintegrasi Keislaman, Kemampuan Representasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:41
Last Modified: 25 Jan 2024 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77652

Actions (login required)

View Item View Item