Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

SANTI WIRDANINGSIH, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPIS SANTI WIRDANINGSIH.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Santi Wirdaningsih (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari minat belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu Facctorial Eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, dengan instrumen pengumpulan data yaitu berupa soal tes kemampuan penalaran matematis, angket minat belajar siswa, lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran meaningful instructional design dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari nilai Ftable > Ftabel yaitu 6,887 > 4,047. 2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai Ftable > Ftabel , yaitu 3,5437 > 3,195. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran meaningful instructional design dengan minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai Ftable > Ftabel yaitu 2,8399 < 3,195. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran meaningful instructional design berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Kata kunci: Model Pembelajaran Meaningful Instrutional Design, Kemampuan Penalaran Matematis, Minat Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:37
Last Modified: 25 Jan 2024 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77651

Actions (login required)

View Item View Item