Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTsN 1 Kampar

Putri Ayu Lestari, - (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTsN 1 Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IB)
skripsi putri-74-98.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
skripsi putri_removed.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Ayu Lestari (2023): Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTsN 1 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara metode Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 1 Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS diantaranya siswa kesulitan dalam menganalisis permasalahan, ssiwa terlihat gugup dan tidak percaya diri ketika menyampaikan argumentasi dan siswa cenderung diam. Adapun jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah kelas VIII yang berjumlah 229 siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes uraian, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan bantuan Software SPSS versi 29. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Berdasarkan hasil perhitungan t_hitung> t_tabel atau 6,978 > 2,042, maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Adapun persentase pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dari hasil uji determinasi memperoleh nilai sebesar 0,619 (61%) sedangkan 39% lainnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:26
Last Modified: 25 Jan 2024 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77648

Actions (login required)

View Item View Item