Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTS

SUSAN ANGGARANI KUSUMA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV SUSAN ANGGARANI KUSUMA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV SUSAN ANGGARANI KUSUMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Susan Anggarani Kusuma, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa SMP/Mts Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rangsang tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket dan observasi dengan instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan representasi matematis, angket self efficacy dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran problem solving dan self efficacy terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP/MTs. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Representasi Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:42
Last Modified: 25 Jan 2024 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77636

Actions (login required)

View Item View Item