Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI DISIPLIN POSITIF DI TK ISLAM SEKARMAYANG DESA PINANG SEBATANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

SAMIAHWATI, - (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI DISIPLIN POSITIF DI TK ISLAM SEKARMAYANG DESA PINANG SEBATANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP EKCUALI HASILPENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SAMIAHWATI (2023): PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI DISIPLIN POSITIF DI TK ISLAM SEKARMAYANG DESA PINANG SEBATANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap pembentukan karakter tanggung jawab 4-5 tahun melalui disiplin positif masih belum berkembang sehingga perlu dilaksanakan pembentukan kegiatan pembiasaan terhadap anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab pada usia 4-5 tahun melalui disiplin positif di TK Islam Sekarmayang Desa Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Metode penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Responden/informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan anak didik berjumlah 31 orang. Berfokus pada kelas b1 berjumlah 13 anak didik. Fokus penelitian ini adalah pembentukan karakter tanggung jawab usia 4-5 tahun melalui disiplin positif. Pengambilan data dengan Teknik Purposive Sampling yang artinya adalah Teknik penentuan data dengan pertimbangan tertentu. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan menggunakan langka reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian pembentukan karakter tanggung jawab pada usia 4-5 tahun melalui disiplin positif di TK Islam Sekarmayang berkembang sesuia harapan pelaksanaannya, Dimana anak dibiasakan dalam bersikap tanggung jawab berupa mandiri dalam kehidupan sehari-hari, mereka seperti meletakan alat tulis di tas masing-masing setelah selesai digunakan, menyelesaikan tugas masing-masing, menyusun kembali mainan ketika selesai bermain, menampilkan hapalan surah di depan teman sekelasnya dan saling memaafkan ketika terjadi perkelahian. Sedangkan sikap disiplin positif yang ditanamkan berupa anak datang tepat waktu ke sekolah, sabar dan tertib dalam menunggu giliran mengaji di kelas dan makan di waktu istirahat. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Tanggung Jawab, Disiplin Positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:06
Last Modified: 25 Jan 2024 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77613

Actions (login required)

View Item View Item