M. YUSRIADI, - (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Terintegrasi Nilai Keislaman Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Kampar. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK M.Yusriadi, (2024): Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Terintegrasi Nilai Keislaman Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Kampar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi penggunaan bahan ajar yang menarik dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA yang hanya mengandalkan buku paket saja. Dan belum adanya penggunaan modul pembelajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman yang dipadukan dengan perkembangan teknologi. Oleh katena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dan berbasis teknologi Augmented Reality (AR) pada materi sistem tata surya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalaha observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil validitas modul tata surya secara keseluruhan sudah dinyatakan sangat valid dengan persentase 85,88% dengan nilai validitas dari pakar isi, konstrak, bahasa dan teknologi sebesar 85,09% dan ahli nilai-nilai islam sebesar 86,67%. Selain itu tingkat praktikalitas oleh guru dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepda siswa dalam pembelajaran dengan memperoleh nilai 91,77%. Serta mendapatkan respon yang baik dari 30 siswa kelas VI di SD Muhammadiyah 002 Penyasawan dengan memperoleh nilai sebesar 93,5% dengan kategori sangat praktis. Mayoritas siswa dari 30 siswa. Didapatkan sebanyak 13 siswa atau 43,3% dengan kategori peningkatan cukup efektif, sebanyak 9 siswa atau 30% kategori peningkatan efektif dan sebanyak 8 siswa atau 26,6% dengan kategori peningkatan kurang efektif. Kata Kunci : Modul Tata surya, Terintegrasi Islam, Augmented Reality
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:55 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77605 |
Actions (login required)
View Item |