Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERILAKU MOTIF GAME ONLINE ADDICT DAN KEBUTUHAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA(Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan)

Caesar Rini Amerta, Caesar (2024) PERILAKU MOTIF GAME ONLINE ADDICT DAN KEBUTUHAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA(Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Motif siswa bermain game online, 2) Kebutuhan siswa Terhadap layanan bimbingan dan konseling, 3) faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus desain penelitian bersifat deskriptif. Adapun informan utamanya siswa, informan pendukung guru bimbingan dan konseling. Objek penelitian ini adalah perilaku motif game online addict dan kebutuhan layanan bimbingan dan konseling pada siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motif game online addict pada siswa ditandai dengan rasa bosan atau jenuhnya, mengikuti trend, faktor lingkungan, orang tua yang terlalu bebas, dan fasilitas yang memadai, 2) Kebutuhan siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling,yaitu layanan konseling individual, layanan orientasidan layanan informasi 3) Faktor pendukung kebutuhan layanan bimbingan dan konseling yaitu, adanya dukungan dari kepala sekolah, adanya kerja sama yang baik antara guru bimbingan dan konseling dengan wali kelas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa untuk berkonsultasi dengan guru bimbingan dan konseling, dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Game Online Addict, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:47
Last Modified: 24 Jan 2024 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77580

Actions (login required)

View Item View Item