Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review untuk Meingkatkan Kemampuan Membaca Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Miftahul Khairiyah Desa Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir

Latifa Laini, - (2024) Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review untuk Meingkatkan Kemampuan Membaca Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Miftahul Khairiyah Desa Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI LATIFA fix UNTUK DI JILID-65-118.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LATIFA fix UNTUK DI JILID_removed.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latifa Laini, (2023): Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review untuk Meingkatkan Kemampuan Membaca Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Miftahul Khairiyah Desa Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca kritis siswa di MI Miftahul Khairiyah Desa Koto Baru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa pada kelas V di MI Miftahul Khairiyah melalui penerapan metode survey, question, read, recite, review. Penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 24 siswa MI Miftahul Khairiyah Desa Koto Baru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode survey, question, read, recite, review dan kemampuan membaca kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes keterampilan membaca kritis dan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa. Hal ini dapat dilihat Pada sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, kemampuan membaca kritis siswa hanya mencapai 56% atau tergolong dalam kategori kurang, tetapi setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70% atau tergolong dalam kategori cukup, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 87% atau tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa MI Miftahul Khairiyah Desa Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir. Kata Kunci: Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review Membaca Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:19
Last Modified: 24 Jan 2024 06:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77573

Actions (login required)

View Item View Item