Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa di Kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru.

Dina Fitriani, - (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa di Kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB 1-5 DINA JILID-61-110.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1-5 DINA JILID_removed.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dina Fitriani, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa di Kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan kerjasama siswa di kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round table. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1orang guru dan 20 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe round table untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan persentase keterampilan kerjasama siswa hanya 48% atau berada pada kategori sangat kurang baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I keterampilan kerjasama siswa meningkat menjadi 63% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 79% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa di kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru. KataKunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table, Keterampilan Kerjasama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:23
Last Modified: 24 Jan 2024 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77572

Actions (login required)

View Item View Item