Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) USAHA GABUNGAN TERPADU (UGT) NUSANTARA DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU

MUHAMMAD RIZKI ARI ARMANDA, - (2024) PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) USAHA GABUNGAN TERPADU (UGT) NUSANTARA DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIZKI ARI ARMANDA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhammad Rizki Ari Armanda Nim : 12040111589 Judul :Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu Nusantara Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah Di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebuah lembaga keuangan islam yang menerapkan sistem syariah yaitu BMT UGT Nusantara di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru tepatnya di Kelurahan Sidomulyo Barat. BMT UGT Nusantara hadir untuk memberikan solusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan memberi bantuan dalam bentuk permodalan. Rumusan masalah dalam penelitain ini adalah bagaimana Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Nusantara Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Nusantara Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Dan Menengah di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan menurut Jim Ife, Metedologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggambarkan fakta dan gejala, untuk selanjutnya diambil kesimpulan akhir sebagai hasil analisa penulis. Informan penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri Key Informan 1 (satu) orang dan informan pendukung berjumlah 7 (tujuh) orang. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapaun hasil penelitian ini adalah peran BMT UGT Nusantara dalam pemberdayaan usaha kecil menengah. Pertama, pembiayaan usaha dalam hal ini BMT UGT Nusantara memberikan modal usaha yaitu berupa barang kepada nasabah. Kedua, pembinaan usaha dalam hal ini BMT UGT Nusantara memberikan pelatihan-pelatihan berwirausaha dan memberikan masukkan kepada nasabah untuk tidak menerapkan riba di dalam usaha mereka. Ketiga, pendampingan usaha dalam hal ini BMT UGT Nusantara melakukan pengecekan kondisi usaha nasabah dan memberikan motivasi kepada nasabah. Keempat, pengawasan dalam hal ini BMT UGT Nusantara melakukan evaluasi kepada nasabah. Kata Kunci : Peran Baitul Mal Wat Tamwil, Pemberdayaan Usaha Kecil Dan Menengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:34
Last Modified: 24 Jan 2024 01:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77562

Actions (login required)

View Item View Item