Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENGATASI MASALAH KEMISKINAN DI DESA PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Nuramalia Putri, Nuramalia (2024) ANALISIS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENGATASI MASALAH KEMISKINAN DI DESA PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Analisis Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Mengatasi Masalah Kemiskinan Di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan inisiatif pemerintah Indonesia dalam mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan di kalangan keluarga miskin. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mengatasi masalah kemiskinan di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jenis penelitian penulis yaitu dekskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder sebagai acuan pengambilan data. Adapun informan penelitian yakni terdiri dari perangkat desa, anggota penerima PKH, dan masyarakat setempat. Selain itu penulis menggunakan alat ukur sebagai indikator yang diambil dari Peraturan Menteri Sosial No.1 Tahun 2018, Tentang Program Keluarga Harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan dalam mengatasi masalah kemiskinan belum bisa mengatasi masalah kemiskinan di desa pantai cermin, karena yang menerima program PKH tidak tepat sasaran, masih banyak keluarga yang tidak layak mendapatkan bantuan, di tambah dengan adanya sikap nepotisme yang terjadi yang mementingkan kepentingan keluarga. PKH memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan akses keluarga miskin terhadap layanan kesehatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PKH belum bisa mengatasi masalah kemiskinan yang selalu menjadi masalah utama di desa pantai cermin, diperlukan upaya lebih lanjut dalam meningkatkan efektivitas program, peningkatan edukasi dan dampingan bagi keluarga penerima manfaat, serta peningkatan koordinasi antara pemerintah, lembaga terkait, dan masyarakat lokal untuk memastikan keberlanjutan dan efisiensi program ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan, Efektivitas, Kemiskinan,
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:35
Last Modified: 24 Jan 2024 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77558

Actions (login required)

View Item View Item