Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE KOMPAS.COM PADA PEMBERITAAN PELECEHAN SEKSUAL 12 SANTRIWATI PONDOK PESANTREN MADANI BOARDING SCHOOL OLEH HERRY WIRAWAN

Ashila Razani, Ashila (2024) ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE KOMPAS.COM PADA PEMBERITAAN PELECEHAN SEKSUAL 12 SANTRIWATI PONDOK PESANTREN MADANI BOARDING SCHOOL OLEH HERRY WIRAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)

Abstract

Pada akhir awal Desember 2021 mencuat sebuah kasus pelecehan seksual 12 orang santriwati pondok pesantren di Bandung oleh gurunya yaitu Herry Wirawan. Media sebagai sarana informasi yang turut andil dalam memberitakan kasus tersebut, hendaknya melakukan pemberitaan secara berimbang tanpa adanya kepentingan tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif degan metode analisis framing model Zhongdang dan Kosocki, sementara teori yang digunakan adalah teori feminisme liberal. Kemudian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembingkaian media online Kompas.com pada pemberitaan kasus pelecehan seksual terhadap 12 santriwati Pondok Pesantren Madani Boarding School oleh Herry Wirawan. Adapun hasil dari penelitian ini dengan meninjau empat aspek Zhongdang dan Kosicki, dapat dilihat keberpihakan Kompas.com kepada korban. Pemberitaan yang dilakukan oleh Kompas.com tersebut mencerminkan pentingnya melindungi hak-hak perempuan dan memberikan keadilan bagi korban pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelecehan Seksual, Framing, Feminisme, Berita, Pondok Pesantren
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:32
Last Modified: 24 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77551

Actions (login required)

View Item View Item