Refta Disriani,, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Project Based Learning Terhadap Critical Thinking Siswa Kelas IV SDN 001 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIFKASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
||
|
Text
Tesis Perbaikan Munaqasyah_removed.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Refta Disriani, (2023):Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Project Based Learning Terhadap Critical Thinking Siswa Kelas IV SDN 001 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui bagaimana ada pengaruh yang signifikan dari menggunakan model pembelajaran problem solving dan project based learning terhadap critical thinking siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya kemampuan critical thinking siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment. Populasi seluruh siswa kelas IV SDN 001 Tembilahan Hulu, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.1 (satu) sebagai kelas eksperimen 1 (satu) dan kelas IV.2 (dua) sebagai kelas eksperimen 2 (dua). Pengambilan data penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan rata-rata skor kemampuan critical thinking siswa kelas eksperimen 2 (dua) lebih tinggi dengan nilai rata-rata 78,08 dibandingkan dengan kelas eksperimen 1 (satu) dengan nilai 71,82. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan uji t-test dari nilai critical thinking materi IPA kelas eksperimen 1 (satu) dan eksperimen 2 (dua) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < ɑ =0,05 maka berlaku keputusan jika sig ≤ ɑ = 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. Serta dapat dilihat dari nilai thitung yaitu -4.498 yang ternyata nilai tersebut lebih kecil dari nilai ttabel 5% yaitu 1.697. maka berlaku keputusan jika -thitung < ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving dan project based learning terhadap kemampuan critical thinking siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 001 Tembilahan Hulu. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving dan project based learning terhadap kemampuan critical thinking siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 001 Tembilahan Hulu” dapat diterima. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh pada model pembelajaran problem solving terdapat 71,82 maka dikategorikan ke dalam critical thinking tingkat sedang. Dan nilai rata-rata pada model project based learning terdapat 78,08 maka dikategorikan ke dalam critical thinking tingkat tinggi. Kata Kunci: Model Problem Solving, Model Project Based Learning, Critical Thinking
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 07:03 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 07:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77540 |
Actions (login required)
View Item |