Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BRAINWRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTs UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU

TITIN PRIHANDAYANI, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BRAINWRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTs UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)

Abstract

TITIN PRIHANDAYANI (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BRAINWRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTs UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU Penelitian ini membahas mengenai penggunaan teknik brainwriting terhadap keterampilan menulis puisi siswa pada kelas VIII MTs Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknik Brainwriting Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII MTs Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan Hasil analisis dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata tes keterampilan menulis puisi siswa yang diajarkan menggunakan teknik brainwriting adalah 83,33. Kedua, nilai rata-rata tes keterampilan menulis puisi siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional adalah 79,52. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran brainwriting terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung > t tabel (2.539 > 1.683). Perbedaan nilai pada uji t menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan teknik brainwriting. Kata Kunci: Teknik Pembelajaran, Brainwriting, Puisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:43
Last Modified: 24 Jan 2024 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77527

Actions (login required)

View Item View Item