Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ZIARAH MAKAM SYEKH BURHANUDDIN DALAM TRADISI BOLEK NAGOGHI DI DESA KUNTU TOEROBA KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

RICXY RIYALDI, - (2023) ZIARAH MAKAM SYEKH BURHANUDDIN DALAM TRADISI BOLEK NAGOGHI DI DESA KUNTU TOEROBA KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi: Ziarah Makam Syekh Burhanuddin Dalam Tradisi Bolek Nagoghi Di Desa Kuntu Toeroba Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosesi Bolek Nagoghi dan nilai-nilai yang terkandung dalam ziarah makam Seykh Burhanuddin pada Bolek Nagoghi di Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap, fakta, dan fenomena, dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan (observasi, Interview (Wawancara) dan Dokumentasi. Adapun sebagai informan dalam hal ini adalah Kepala Desa, Kholifah Desa Kuntu, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat Desa Kuntu Toroba, yaitu sebanyak 5.152 jiwa. Pelaksanaan tradisi Bolek Nagoghi ini dilaksanakan selama dua hari secara berturut-turut, hari pertama berziarah ke makam Syekh Burhanuddi untuk membaca yasin, tahlil dan do’a dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Nazar. Hari kedua penyembelihan kerbau dan kemudian dimasak oleh dunsanak perempuan sebagai menu utama acara makan bersama di los pasar usang. Tradisi Ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin dalam tradisi Bolek Nagoghi yang mengandung nilai-nilai kebaikan didalamnya seperti nilai religious, nilai sosial dan nilai budaya. Kata Kunci : Ziarah, Makam Syekh Burhanuddin, Tradisi Bolek Nagoghi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:27
Last Modified: 23 Jan 2024 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77507

Actions (login required)

View Item View Item