Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inquiry pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas V di SDN 013 Koto Kampar Kabupaten Kampar.

Nur Pitra, - (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inquiry pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas V di SDN 013 Koto Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Pitra (2024): Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inquiry pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas V di SDN 013 Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi penggunaan, kebutuhan media pembelajaran, spesifikasi, rancangan desain, tingkat validitas dan praktikalitas e-modul berbasis metode inquiry pada pembelajaran IPS kelas V di SDN 013 Koto Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya metode pembelajaran baru maka proses pembelajaran akan lebih sangat menyenangkan dan dapat dipahami dengan mudah. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang validator ahli materi, ahli bahasa ahli desain,dan 2 orang guru dan 22 orang siswa. Sedangkan objek dari penelitian adalah pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis metode inquiry pada pembelajaran IPS. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis metode inquiry pada pembelajaran IPS telah bisa untuk dimanfaatkan pada sistem belajar di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi dari ahli materi sebesar 91%, hasil validasi ahli bahasa sebesar 95% dan hasil validasi ahli desain sebesar 87%. Hasil uji praktikalitas kepada guru memperoleh nilai sebesar 97% dan siswa memperoleh nilai sebesar 97% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis metode inquiry pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 013 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dinyatakan Sangat Layak untuk digunakan pada sistem pembelajaran di sekolah khususnya di SDN 013 XIII Koto Kampar. Kata Kunci : E-Modul Berbasis Metode Inquiry

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:55
Last Modified: 23 Jan 2024 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77494

Actions (login required)

View Item View Item