MUHAMMAD SARFIN, - (2024) PERAN GURU FIKIH DALAM MEMBINA KETERAMPILAN SALAT SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-HAFIT PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Sarfin, (2023): Peran Guru Fikih dalam Membina Keterampilan Salat Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Hafit Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Fikih dalam membina keterampilan salat siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Hafit Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Informan dalam penelitian adalah guru Fikih 1 orang dan siswa 7 orang di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Hafit Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan merangkum data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru Fikih dalam membina keterampilan salat fardhu di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Hafit Pekanbaru dilakukan dengan cara memberikan materi ajar salat fardhu seperti bacaan salat dan gerakan salat yang benar, tetapi guru tidak menggunakan fasilitas pendukung seperti infokus ketika menyampaikan materi kepada siswa. Selanjutnya guru melakukan peragaan salat fardhu dengan cara memanggil siswa satu persatu kedepan kelas, tetapi banyak siswa yang bermain-main atau tidak serius sehingga peran demonstrasi kurang maksimal. Jika terjadi kesalahan dalam gerakan salat guru tidak memberikan motivasi yang bersifat khusus kepada siswa untuk melakukan salat yang baik dan benar dan guru hanya memarahi siswa tanpa mengevaluasi hasil pembinaan keterampilan salat siswa, hingga pada akhirnya masih banyak siswa yang melaksanakan salat tidak sesuai ketentuan disebabkan kurang maksimalnya peran guru. Faktor pendukung keterampilan salat siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Hafit Pekanbaru ialah sarana dan prasarana seperti Buku, Masjid dan Infokus. Sedangkan faktor penghambatnya ialah tenaga pendidik tidak siap terhadap perubahan IPTEK sehingga guru merasa repot menggunakan alat pendukung seperti Proyektor dalam menerapkan media Audio Visual. Selanjutnya faktor masih kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya melaksanakan gerakan salat yang baik dan benar, kurang minat dan kurang memperhatikan guru karena siswa lebih suka bermain. Kata kunci : Peran, Guru Fikih, Keterampilan Salat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 04:48 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 04:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77493 |
Actions (login required)
View Item |