Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TRIPARTIT DALAM UPAYA PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (Studi Kasus Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau)

Lami Irmadan Auli Arofi, Lami (2024) EFEKTIVITAS TRIPARTIT DALAM UPAYA PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (Studi Kasus Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh peran serta fungsi Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau yang sebagai fasilitator bagi perselisihan hubungan industrial adalah tonggak penentu untuk memastikan perusahaan berjalan sesuai norma dan peraturan yang berlaku. Dalam prosesnya, tidak semua forum tripartit berakhir dengan kesepakatan sehingga masih harus bergulir ke Persidangan guna menyelesaikan perselisihan yang terjadi pada para pihak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana efektivitas dalam upaya penyelesaian tripartit dan perselisihan hubungan industrial pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau, apa saja faktor yang mempengaruhi efektivitas tripartit di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis sosiologis, yaitu penelitian terhadap efektivitas hukum merupakan penelitian yang membahas bagaimana implementasi hukum di dalam masyarakat. Tekhnik pengambilan data adalah Random data. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif untuk penarikan kesimpulan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa efektivitas tripartit dalam upaya penyelesaian perselisihan hubungan industrial di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau berlangsung dengan baik dan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari dominan hasil perselisihan yang di damaikan oleh lembaga yang berwenang walaupun dalam prosesnya tidak semua berakhir dengan kesepakatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pelaksanaan Tripartit, Dinas Tenaga Kerja
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:34
Last Modified: 23 Jan 2024 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77487

Actions (login required)

View Item View Item