Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN DALAM MENSOSIALISASIKAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) KARYAWAN PT SAWIT ASAHAN INDAH

Putri Fitratul Afiah, Putri (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN DALAM MENSOSIALISASIKAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) KARYAWAN PT SAWIT ASAHAN INDAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kecelakaan kerja di dunia penindustrian menjadi perhatian khusus bagi pimpinan terutama pada industri perkebunan dan pengelolaan kelapa sawit. Kecelakaan kerja merupakan bahaya yang harus dihilangkan dalam perusahaan agar produktivitas perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan stabil. Sama hal nya juga yang dialami PT Sawit Asahan Indah. PT Sawit Asahan Indah merupakan perusahaan swasta yang dikelola dengan hak guna yang bergerak di bidang perkebunan khususnya kelapa sawit. Perusahaan tersebut mengalami kecelakaan kerja sebanyak 3 kasus pada tahun 2022 dan naik menjadi 7 kasus pada tahun 2023. Hal ini disebabkan karena perilaku dari karyawan yang tidak aman dalam bekerja sehingga tidak mengikuti peraturan kesehatan keselamatan kerja (K3) yang telah ditetapkan perusahaan. Komunikasi perusasif menjadi salah satu pendekatan yang dapat ditempuh dalam mensosialisasikan K3. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi persuasif yang dilakukan pimpinan dalam mensosialisasikan kesehatan keselamatan kerja (K3) kepada karyawan terkait unsur-unsur komunikasi persuasif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi persuasif yang diterapakan pimpinan dalam mensosialisasikan kesehatan keselamaan kerja (K3) menggunakan sebuah teori retorika dari aristoteles dengan memperhatikan unsur-unsur komunikasi persuasif dari Hardiyan Maulana dan Gumgum Gumelar untuk mengubah perilaku karyawan untuk bekerja secara aman yang biasanya acuh dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) sekarang telah menggunakan APD secara lengkap sebelum memulai pekerjaan dan selalu memastikan area atau lingkungan kerja telah aman dan memastikan kesehatan aman melalui pengecakan Ready To Work (RTW) sebelum apel pagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Kerja, Komunikasi Perusasif, PT Sawit Asahan Indah, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3), Sosialisasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:36
Last Modified: 23 Jan 2024 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77482

Actions (login required)

View Item View Item