Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SURAH AL-QAMAR AYAT 17 TERHADAP METODE PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI STABAQU KUALU KAMPAR (STUDI LIVING QUR'AN)

CINDHY YULIARNIS PUTRI, - (2024) PENGARUH SURAH AL-QAMAR AYAT 17 TERHADAP METODE PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI STABAQU KUALU KAMPAR (STUDI LIVING QUR'AN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Surah Al-Qamar Ayat 17 terhadap Metode Pembelajaran Tahfizh di Markaz StabaQu Kualu Kampar (Studi Living Qur’an)." Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research, penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dampak Surah Al-Qamar ayat 17 dalam pengembangan Metode Pembelajaran Al-Qur'an untuk anak usia dini di Markaz StabaQu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara rinci. Analisis menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Al-Qur'an, yang dikenal sebagai Metode PasQu, dikembangkan sebagai respons terhadap pemahaman Surah Al-Qamar ayat 17 oleh Ummi Arrum. Metode ini difokuskan pada kenyamanan dan menghindari kesulitan bagi santri, dengan memanfaatkan indera penglihatan dan pendengarannya serta mengikuti dunia bermain anak. Keefektifan Metode PasQu terbukti melalui representasi konkret dari Surah Al-Qamar ayat 17 yang ditunjukkan oleh santri di StabaQu. Kesimpulan dari penelitian ini menyoroti bahwa Metode PasQu berhasil mengintegrasikan janji kemudahan Allah sebagaimana tercantum dalam Surah Al-Qamar ayat 17 ke dalam proses pembelajaran Al-Qur'an. Pemahaman ayat ini memberikan dasar bagi metode ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, tanpa memberikan tekanan kepada santri. Representasi nyata dari janji kemudahan Allah tercermin dalam pencapaian santri, baik dalam keterampilan membaca, hafalan, maupun perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari keluarga santri. Studi ini memberikan wawasan tentang pengaruh positif pemahaman Al-Qur'an terhadap metode pembelajaran dan praksis kehidupan sehari-hari di Markaz StabaQu Kualu Kampar. Kata Kunci: Surah Al-Qamar Ayat 17, Metode pembelajaran Al-Qur’an, StabaQu Kualu Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:04
Last Modified: 23 Jan 2024 01:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77477

Actions (login required)

View Item View Item