Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CRITICAL INCIDENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL HAMIDIYAH KABUPATEN PELALAWAN

HELMAYA INDRA SARI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CRITICAL INCIDENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL HAMIDIYAH KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Helmaya Indra Sari (2023): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Critical Incident terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Hamidiyah Kabupaten Pelalawan Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi critical incident terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Hamidiyah Kabupaten Pelalawan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Al Hamidiyah Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 95 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XA dan XB yang berjumlah 60 siswa dengan rincian 30 siswa kelas XA sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan independent sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara menggunakan strategi pembelajaran critical incident dan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Hamidiyah Kabupaten Pelalawan. Dibuktikan dengan thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% (6,030 >1,671). Perhitungan Sig (2-tailed) < α (0,00 < 0,05). Kata Kunci: Strategi Critical Incident, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:34
Last Modified: 23 Jan 2024 01:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77456

Actions (login required)

View Item View Item