Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran science technology engineering art and mathematics untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Babussalam.

Nadia Septiani, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran science technology engineering art and mathematics untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Babussalam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nadia Septiani, (2023): Penerapan Model Pembelajaran science technology engineering art and mathematics untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Babussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan sikap ilmiah siswa melalui model pembelajaran science technology engineering art and mathematics pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Babussalam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah model pembelajaran science technology engineering art and mathematics dan sikap ilmiah siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran science technology engineering art and mathematics. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya tampak pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus, nilai rata-rata sikap ilmiah siswa adalah 61,15 atau tergolong dalam kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata sikap ilmiah siswa meningkat menjadi 80,57 atau tergolong dalam kategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata sikap ilmiah siswa meningkat secara signifikan menjadi 90,19 atau tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran science technology engineering art and mathematics dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Babussalam. Kata Kunci: Model Pembelajaran Science Technology Engineering Art and mathematics, Sikap Ilmiah Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:13
Last Modified: 22 Jan 2024 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77442

Actions (login required)

View Item View Item