Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMALISASI PELAKSANAAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN SECARA E-PLANNING PADA KANTOR BADAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN KABUPATEN KAMPAR

ARDO FAHLEFI, - (2024) OPTIMALISASI PELAKSANAAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN SECARA E-PLANNING PADA KANTOR BADAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARDO FAHLEFI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK OPTIMALISASI PELAKSANAAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN SECARA E-PLANNING PADA KANTOR BADAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN KABUPATEN KAMPAR Aplikasi E-Planning atau Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah memfasilitas Bappeda dan SKPD dalam penyusunan program kerja. Sehingga perencaan pembangunan dapat berjalan secara efektif, efisien dan terintegrasi. EPlanning menjadi alat bantu Bappeda dalam kegiatan perencanaan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah. Walaupun demikian, masih ada juga kendala yang terjadi pada pengoperasian aplikasi tersebut yaitu Kurangnya pengetahuan para admin OPD dalam penginputan data ke dalam aplikasi Eplanning. Keterlambatan operator dalam penginputan data yang menyebabkan tertundanya kegiatan. Kurangnya sosialisasi terhadap para operator atau admin tentang penggunaan aplikasi E-Planning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Optimalisasi Pelaksanaan Perencanaan sistem E-Planning dalam Perencanaan Pembangunan pada kantor Badan Perencanaan Dan Pembangunan Kabupaten Kampar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, digunakan dalam menganalisa ataupun memberikan gambaran atas hasil dari penelitian. Data yang diperoleh dari penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Optimalisasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Melalui E-Planning pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah di Kabupaten Kampar dalam pelaksanaan tepat waktu, tepaat sasaran dan tepaat program ketercapaian pengusulan program kegiatan dari setiap OPD sudah dilakukan dengan baik. Sementara di Indikator yang di aanggap belum optimal pada BAPPEDA Kaabupaten Kampar sendiri beberapa sumber daya masih dinilai kurang. Contohnya adalah pada sumber daya manusianya, beberapa sumber daya manusia yang ada di BAPPEDA masih ada yang belum begitu mampu dalam penggunaan teknologi sehingga untuk mengoperasikan e-planning yang bersangkutan masih mengalami kesulitan. Serta kurangnya sosialisasi yang ddilakukan kepada para OPD sehingga dalam pelaksanaan e-planning ini belum sepenuhnya optimaal terlaksana denngan baik. Kata Kunci: Pelaksanaan, Sistem, E-Planning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:39
Last Modified: 22 Jan 2024 06:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77438

Actions (login required)

View Item View Item