Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

‘IFFAH DALAM KISAH NABI YUSUF A.S. MENURUT THAHIR IBNU ‘ASYYUR: TINJAUAN MAQÂSHID AL-QUR’AN

DINA ISTIQOMAH, - (2024) ‘IFFAH DALAM KISAH NABI YUSUF A.S. MENURUT THAHIR IBNU ‘ASYYUR: TINJAUAN MAQÂSHID AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “‘Iffah Dalam Kisah Nabi Yusuf A.S. Menurut Thahir Ibnu ‘Asyur: Tinjauan Maqâshid Al-Qur’an”. ‘Iffah dapat diartikan sebagai suatu usaha seseorang dalam menjaga kehormatan atau kesucian diri. Di era globalisasi ini, dunia sudah dipenuhi berbagai macam fitnah atau hal-hal pelik lainnya yang dapat mempengaruhi ‘iffah semakin menyelimuti umat saat ini sehingga diperlukan pengkajian kembali kisah-kisah yang termakhtub dalam al-Qur’an guna menjawab segala problematika umat, terutama kisah nabi Yusuf a.s. yang terkandung banyak pengajaran berharga. Penulis merumuskan 2 permasalahan, yaitu bagaimana penafsiran Thahir Ibnu ‘Asyur terhadap ayat-ayat‘iffah dalam kisah nabi Yusuf a.s., dan apa saja nilai-nilai ‘iffah dalam kisah nabi Yusuf a.s. ditinjau dari maqâshid al-Qur’an?. Tujuan kajian ini yaitu untuk mendeskripsikan penafsiran Thahir Ibnu ‘Asyur tentang ayat-ayat ‘iffah dalam kisah nabi Yusuf A.S. dan mendeskripsikan nilai-nilai ‘iffah ditinjau dari maqâshid al-Qur’an. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian library research dengan metode tematik konseptual melalui pendekatan maqâshid al-Qur’an. Sumber data utama penelitian ini, yaitu kitab tafsir at-Tahrir wa at-Tanwir, sedangkan sumber data pendukungnya menggunakan literatur-literatur terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan penafsiran Thahir Ibnu ‘Asyur pada Q.S. Yusuf [12]: 23-25, dan 32-34 bahwa ‘iffah nabi Yusuf a.s. merupakan nilai ‘iffah tertinggi sepanjang masa karena keteguhan dan kesabarannya dalam mempertahankan keimanan dan kehormatan. Dalam tinjauan maqâshid al-Qur’an perspektif Thahir Ibnu ‘Asyur dalam kisah nabi Yusuf a.s. terkait ‘iffah memuat empat nilai-nilai maqâshidy, yakni berpegang teguh atas nilai-nilai ketauhidan, selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kehormatan dan akhlakul karimah, mempriotitaskan kesucian anggota tubuh dari potensi maksiat serta mempertimbangkan probabilitas terhadap suatu kejadian. Kata kunci: ‘Iffah, Thahir Ibnu ‘Asyur, Maqâshid Al-Qur’an, Nabi Yusuf A.S.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:33
Last Modified: 22 Jan 2024 06:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77435

Actions (login required)

View Item View Item