Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA ‘ASHR DAN RELEVANSINYA DENGAN KESELAMATAN HIDUP (Analisis Tafsir Tematik)

ABEL RAZALI, - (2024) MAKNA ‘ASHR DAN RELEVANSINYA DENGAN KESELAMATAN HIDUP (Analisis Tafsir Tematik). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang makna kata ‘Ashr dengan merujuk kepada penafsiran QS. Al-‘Ashr: 1 dan relevansinya dengan keselamatan hidup yang merujuk kepada penafsiran QS. Al-‘Ashr: 3. Kata ‘Ashr memiliki banyak makna yang daripada keseluruhan makna tersebut mengarah kepada satu hal penting yakni waktu yang telah diberikan Allah haruslah digunakan kepada hal-hal yang diperintahkan untuk harus dikerjakan sebagai bentuk pengaplikasian rasa syukur kepada-Nya. Oleh karena itu, hadirnya penelitian ini untuk menemukan pemaknaan kata ‘Ashr dan menyusunnya secara sistematis mengenai kaitannya antara waktu dan keselamatan hidup serta langkah-langkah yang harus ditempuh bila ingin hidupnya selamat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran kata ‘Ashr dan bagaimana relevansi antara waktu dengan keselamatan hidup dari hasil penafsiran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode tematik (maudhu’i) dengan berbentuk kajian pustaka (library research) dan pendekatan kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini menggunakan 3 kitab tafsir klasik dan 3 kitab tafsir kontemporer, adapun sumber data sekundernya adalah kamus, jurnal, serta buku yang berkaitan dengan QS. Al-‘Asr. Hasil penelitian ini adalah setelah menafsirkan kata ‘Ashr maka didapati sebuah kaitannya atau hubungannya dengan keselamatan hidup yang setelah diuraikan relevansinya tersebut maka didapati ada beberapa prinsip yang tersusun secara sistematis apabila manusia ingin hidupnya selamat atau terhindar daripada kerugian yakni dengan berpegang teguh pada empat perkara sebagai berikut; beriman, beramal shaleh, saling menasehati terhadap kebenaran, dan saling menasehati terhadap kesabaran. Kata Kunci: ‘Ashr, Keselamatan, Hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:29
Last Modified: 22 Jan 2024 06:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77432

Actions (login required)

View Item View Item