Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE MOBILE TRANSPORTASI ONLINE MENGGUNAKAN METODE UEQ PADA APLIKASI GOJEK DAN GRAB

NUR ASRI KHUSNAINI, - (2024) ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE MOBILE TRANSPORTASI ONLINE MENGGUNAKAN METODE UEQ PADA APLIKASI GOJEK DAN GRAB. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (BAB I, II, III, dan V)
SKRIPSI NUR ASRI KHUNSAINI GAB.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI NUR ASRI KHUNSAINI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Tingkat persaingan antara Gojek dan Grab kian meninggi dalam kondisi persaingan ini kedua perusahaan tersebut terus melakukan upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggannya. Maka, diperlukan suatu strategi sebagai diferensiasi bagi masing-masing perusahaan dalam upaya mempertahankan konsumen agar tetap menggunakan jasa perusahaan dimasa mendatang. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis user experience mana yang sesuai dengan pengguna baik dari kenyamanan, fungsi, dan kemudahan pelanggan. Metode yang digunakan adalah User Experience Questionnaire (UEQ) yaitu untuk mengukur kualitas suatu aplikasi berdasarkan impresi pengguna dengan merujuk pada 6 skala yaitu; Daya Tarik (Attractiveness), Kejelasan (Perspicuity), Efisiensi (Efficiency), Ketepatan (Dependability), Stimulasi (Stimulation), dan Kebaruan (Novelty). Data penelitian dikumpulkan sebanyak 213 responden dari hasil kuesioner penelitian secara Offline di Universitas yang ada di Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skala daya tarik pada Gojek rata-rata 1,25 sedangkan pada Grab rata-rata 0,71, skala kejelasan pada Gojek rata-rata 1,17 sedangkan pada Grab rata-rata 0,61 dan ketepatan pada Gojek rata-rata 1,08 sedangkan pada Grab rata-rata 0,63. Aplikasi Gojek perlu menjaga kualitas layanannya yang telah mendapat penilaian baik terutama dalam hal daya tarik. Tetap memberikan layanan yang baik adalah kunci untuk mempertahankan kepuasan pengguna. Sedangkan aplikasi Grab perlu meningkatkan secara keseluruhan terutama pada skala efisiensi, ketepatan, dan stimulasi. Kata Kunci: Gojek, Grab, User Experience, User Experience Questionnaire.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:18
Last Modified: 22 Jan 2024 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77430

Actions (login required)

View Item View Item