Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM SISTERLILLAH KARYA KANG ABAY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (DALAM PENDEKATAN MIMETIK)

NURHAYATI, - (2023) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM SISTERLILLAH KARYA KANG ABAY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (DALAM PENDEKATAN MIMETIK). Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NURHAYATI(2023) : ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM SISTERLILLAH KARYA KANG ABAY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (DALAM PENDEKATAN MIMETIK) Pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik dengan meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan secara spontan karena terbiasa baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, orang lain, lingkungan, bangsa dan negara. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah perlunya menanamkan kembali kepada siswa dan siswi pentingnya pendidikan karakter, yang tergambar dalam Film Sisterlillah Karya Kang Abay dengan menggunakan pendekatan mimetik. Melalui pendekatan tersebut dikumpulkan data-data yang ditemukan dalam kutipan dialog dari Film Sisterlillah Karya Kang Abay dengan menggunakan pendekatan mimetik kemudian dilihat apakah sesuai dengan realitas yang ada di kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan karakter dalam Film Sisterlillah Karya Kang Abay melalui pendekatan mimetik dan relevansinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini termasuk penelitian semiotik dengan menggunakan sumber data primer film Sisterlillah sedangkan untuk sumber sekunder menggunakan buku, jurnal, skripsi, dan artikel yang berkaitan dengan judul. Pada penelitian ini dalam mengumpulkan data dengan dokumentasi yaitu dengan metode simak,catat, dan simpulkan dan dibuat dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Sisterlillah karya Kang Abay ini terdapat nilai-nilai pendidikan karakter relevan dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Adapun nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film Siterlillah karya Kang Abay yaitu, religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, Bersahabat/ Komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab. Kata Kunci : Pendekatan Mimetik, Nilai Pendidikan Karkter, Film Sisiterlillah dan Relevansi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:26
Last Modified: 22 Jan 2024 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77419

Actions (login required)

View Item View Item