Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOLAAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI AKTIF KEPADA MASYARAKAT DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU

SONIA RUSYANTI, - (2024) PENGELOLAAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI AKTIF KEPADA MASYARAKAT DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SONIA RUSYANTI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sonia Rusyanti (2023): Pengelolaan Hubungan Masyarakat dalam Membangun Komunikasi Aktif Kepada Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini merupakan kajian tentang pengelolaan hubungan masyarakat (Humas) dalam membangun komunikasi aktif kepada masyarakat. Adapun pertanyaan penelitian ini, yaitu; bagaimana pengelolaan Humas dalam membangun komunikasi aktif kepada masyarakat di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan Humas untuk membangun komunikasi aktif kepada masyarakat? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengelolaan Humas dalam membangun komunikasi aktif kepada masyarakat, dan mencari tahu kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan data diperoleh melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Humas di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru melibatkan serangkaian kegiatan, yaitu perencanaan, implementasi yang menekankan pada kontrol pesan dan konten, analisis respon masyarakat, analisis faktor pendukung dan penghambat, serta mengevaluasi. Hasil evaluasi digunakan untuk membuat keputusan dan melakukan pengelolaan berkelanjutan, menciptakan siklus pembelajaran efektif. Meskipun menghadapi berbagai faktor penghambat, fokus utama tetap pada peningkatan komunikasi aktif kepada masyarakat, dengan tingkat keberhasilan yang secara signifikan lebih tinggi daripada tingkat kegagalan. Sementara, kendala utama melibatkan faktor-faktor penghambat seperti misskomunikasi, kesalahan pengertian, perbedaan pemahaman, pengaruh psikologis, kecerdasan dan ilmu pengetahuan, penggunaan bahasa tubuh yang kurang teratur, dialek dan logat, serta ketidakjelasan dalam nada, ritme, dan artikulasi saat berbicara. Kata Kunci: Hubungan Masyarakat; Komunikasi; Pengelolaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:56
Last Modified: 22 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77406

Actions (login required)

View Item View Item