FAKTOR PENYEBAB TIDAK TERLAKSANANYA EKSEKUSI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA PEKANBARU TENTANG PEMBAGIAN HARTA BERSAMA

Muhammad Indra Fani, (2011) FAKTOR PENYEBAB TIDAK TERLAKSANANYA EKSEKUSI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA PEKANBARU TENTANG PEMBAGIAN HARTA BERSAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011144.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis memaparkan tentang prosedur pelaksanaan eksekusi di Pengadilan Agama Pekanbaru tentang harta bersama serta faktor penyebab tidak terlaksananya eksekusi Pengadilan Agama Pekanbaru tentang pembagian harta bersama dalam putusan hakim Pengadilan Agama Pekanbaru setelah terjadinya perceraian antara mantan suami dan mantan istri, selanjutnya dilakukan analisis hukum Islam terhadap fakta permasalahan tersebut. Disamping itu, permasalahan ini dibahas karena dari berbagai salinan putusan Pengadilan Agama Pekanbaru tentang pembagian harta bersama yang telah diputuskan dan tidak terlaksana sebagaimana putusan yang telah ditetapkan. Disamping peneliti ingin melihat apakah dalam salinan putusan Pengadilan Agama Pekanbaru yang dikeluarkan menemukan kendala dalam hal pelaksanaannya. Oleh karenanya penulis tertarik dan mengangkat permasalahan ini ke dalam karya ilmiah, guna melihat fakta permasalahan pelaksaan pembagian harta bersama. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode purfosive sampling, peneliti menetapkan sendiri jumlah sampel. Oleh Karena itu, peneliti menetapkan 3 salinan putusan dari populasi yang ada. Hal ini merupakan sumber data yang bersifat primer.Adapun yang merupakan data sekunder dalam penelitian ini adalah aparat setempat dan literatur pustaka. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : observasi, peneliti melakukan pengamatan ke lokasi penelitian guna melihat secara dekat peraktek yang terjadi yang dipergunakan sebagai data penjelas terhadap hasil wawancara. Peneliti melakukan wawancara terhadap Hakim, Panitra dan Jurusita dan pihak-pihak lain sebagai data yang diperlukan. Studi kepustakaan, peneliti menelaah buku-buku yang ada kaitannya dengan persoalan yang diteliti. Setelah dilakukan analisis dengan hukum Islam, maka peneliti menyimpulkan pelaksanaan pembagian harta bersama di dalam wilayah Pengadilan Agama Pekanbaru, dari sisi kendala yang ditemukan dalam pelaksanan belum tereksekusi harta bersama yang terjadi tersebut tidak bertentangan dengan hukum Islam, karena Pengadilan Agama sudah berupaya dan berperan aktif dalam menyelesaikan perkara tersebut hanya saja permasalahan tersebut belum menemui titik terangnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.56 Etika Moral Islam dalam Hal Tertentu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 08:52
Last Modified: 12 Jan 2016 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item