Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS IV SDN 004 CERENTI.

SELI DESTRIA NOVA, - (2024) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS IV SDN 004 CERENTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 desa Pulau Bayur Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman konsep siswa dari prasiklus hingga siklus II. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan mencapai 37,67 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata tes pemahaman konsep siswa mencapai 64,64 dengan kategori cukup baik dan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata pemahaman konsep siswa menjadi 73,57 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Siswa, Pendidikan Matematika Realistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:00
Last Modified: 22 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77399

Actions (login required)

View Item View Item