Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN POLA MAKAN DAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI SMAN 1 KOTA PEKANBARU

NUR ALLIZA KHOLIFAH, - (2024) HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN POLA MAKAN DAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI SMAN 1 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN POLA MAKAN DAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI SMAN 1 KOTA PEKANBARU Nur Alliza Kholifah (11980322603) Di bawah bimbingan Novfitri Syuryadi dan Yanti Ernalia INTISARI Remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa ditandai dengan pubertas dalam perubahan fisik akibat hormonal. Remaja banyak mengalami permasalahan terkait gizi perubahan gaya hidup, kebiasaan makan dan perubahan fisik. Salah satu penyebab permasalahan pola makan adalah body image. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara body image dengan pola makan dan status gizi pada remaja putri SMAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 62 responden dengan teknik purposive sampling. Body image diukur menggunakan kusioner Body Shape Questionnaire-34 (BSQ-34), pola makan menggunakan recall 2x24 jam dan status gizi menggunakan pengukuran antropometri IMT/U. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa remaja putri SMAN 1 Pekanbaru mayoritas (53,2%) memiliki body image positif, (38,7%) pola makan kurang, dan (43,5%) memiliki status gizi normal. Berdasarkan hasil analisis statistik menunjukan bahwa terdapat hubungan body image dengan pola makan pada siswi SMAN 1 Pekanbaru dengan nilai signifikan (p=0.012), lebih tinggi mengalami pola makan yang kurang dan terdapat hubungan body image dengan status gizi pada siswi SMAN 1 Pekanbaru dengan nilai signifikan (p=0,007), lebih tinggi mengalami status gizi obesitas. Terdapat hubungan body image dengan pola makan dan status gizi pada remaja putri di SMAN 1 Pekanbaru. Kata kunci: body image, pola makan, status gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.3 Nutrisi, Ilmu Gizi
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:04
Last Modified: 19 Jan 2024 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77384

Actions (login required)

View Item View Item