Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH ANWARUL FALAH DUSUN KARYATANI PEBENAAN KECAMATAN KRITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR.

HUSNITA LATIFAH, - (2024) PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH ANWARUL FALAH DUSUN KARYATANI PEBENAAN KECAMATAN KRITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam meningkatkan prilaku siswa khususnya siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Fallah Kipol Pebenaan Keritang Inhil Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 15 siswa. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, guru bidang dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan adalah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dalam penanaman nilai karakter di kelas III MI Anwarul Falah ada 18 nilai-nilai karatker yang di tanamkan kepada diri siswa. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter ini ada 3 tahapan yang telah di gunakan yaitu: tahap pendahuluan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Faktor penyebab kemerosotan moral yang terjadi salah satunya adalah pendidikan yang lebih mengedepankan aspek kognitif dari pada aspek afektif. Upaya untuk menanamkan nilai karakter kepada siswa dapat dilakukan dengan cara pembiasaan dan keteladanan yang dilakukan guru kepada siswanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penanaman nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah kelas III Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Falah Dusun Karyatani Pebenaan KritangKabupaten Indragiri Hilir sudah baik. Kata kunci:Penanaman, Nilai Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:38
Last Modified: 22 Jan 2024 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77376

Actions (login required)

View Item View Item