Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA KUMPULAN PUISI “AIR MATA MUSIM GUGUR” KARYA FAKHRUNNAS M.A.JABBARDAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 DI SMP

NURAINI DWI PUTRI, - (2024) ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA KUMPULAN PUISI “AIR MATA MUSIM GUGUR” KARYA FAKHRUNNAS M.A.JABBARDAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 DI SMP. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

NURAINI DWI PUTRI (2023) : ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA KUMPULAN PUISI “AIR MATA MUSIM GUGUR” KARYA FAKHRUNNAS M.A.JABBARDAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 DI SMP Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa yang ada pada kumpulan puisi “Air Mata Musim Gugur” karya Fakhrunnas M.A. Jabbar, dan sebagai relevansi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Gaya bahasa yang dimaksud adalah gaya bahasa perbandingan. Jenis penelitian ini adalah library research dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumentasi, menggunakan teknik analisis data membaca, merangkum, memisahkan masingmasing puisi berdasarkan gaya bahasanya dan menganalisis. Data dalam penelitian ini diperoleh dari membaca dan memahami puisi “Air Mata Musim Gugur” karya Fakhrunnas M.A. Jabbar. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa terdapat 51 penggunaan gaya bahasa perbandingan dalam kumpulan puisi “Air Mata Musim Gugur” karya Fakhrunnas M.A. Jabbar. Gaya bahasa perbandingan yang dominan dalam penelitian ini yaitu, gaya bahasa bahasa personifikasi sebanyak 26 data, gaya bahasa perumpamaan atau simile terdapat 11 data, gaya bahasa metafora terdapat 2 data, gaya bahasa depersonifikasi terdapat 2 data, dan gaya bahasa perifrasis terdapat 10 data. Penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai bahan tambahan dalam pelajaran bahasa indonesia dengan materi strukturstruktur puisi salah satunya gaya bahasa atau majas yang ada di Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang terdapat dalam kurikulum merdeka pada tujuan pembelajaran 8.4 (8.4.1, 8.4.2, 8.4.3, dan 8.4.4), untuk pemahaman yang lebih baik dengan memberikan contoh gaya bahasa perbandingan dengan 5 ragam gaya bahasa pada kumpulan puisi “Air Mata Musim Gugur” karya Fakhrunnas M.A. Jabbar. Kata kunci: gaya bahasa, gaya bahasa perbandingan, puisi Fakhrunnas M.A. Jabbar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:24
Last Modified: 19 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77375

Actions (login required)

View Item View Item