Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI KOLKISIN TERHADAP PERUBAHAN MORFOLOGI BUAH NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) cv. SMOOTH CAYENNE

MUTIA ANJANI, - (2024) PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI KOLKISIN TERHADAP PERUBAHAN MORFOLOGI BUAH NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) cv. SMOOTH CAYENNE. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI KOLKISIN TERHADAP PERUBAHAN MORFOLOGI BUAH NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) cv. SMOOTH CAYENNE Mutia Anjani (1180220876) Di bawah bimbingan Rosmaina dan Siti Zulaiha INTISARI Mutasi merupakan suatu proses perubahan gen secara tiba-tiba dan secara acak, yang mengakibatkan perubahan fenotipe dan genotipe yang diturunkan (heritable) dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Penelitian ini bertujuan mendapatkan konsentrasi kolkisin yang mampu menginduksi mutasi pada tanaman nanas varietas cv. Smooth Cayenne dilihat dari morfologi. Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap, dengan empat taraf konsentrasi kolkisin yaitu kontrol, 300 ppm, 400 ppm, 500 ppm yang diulang sebanyak 5 kali sehingga terdapat 20 tanaman. Pengamatan karakter kualitatif dan kuantitatif dilakukan mengikuti buku Descriptors for Pineapple yang diterbitkan oleh International Board for Plant Genetic Resources. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kolkisin 300-500 ppm tidak mempengaruhi semua karakter kualitatif akan tetapi pada karakter kuantitatif terdapat enam karakter yang berpengaruh nyata akibat pemberian kolkisin yaitu seperti tinggi tanaman, panjang daun, diameter batang, bobot buah dengan mahkota dan bobot buah tanpa mahkota, dan jumlah tunas batang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsentrasi kolkisin 500ppm menghasilkan diameter batang, bobot buah dengan mahkota, bobot buah tanpa mahkota serta jumlah tunas batang (shoot) yang lebih tinggi dibandingkan dengan perlakuan lainnya dan perlakuan kontrol. Kata Kunci : Klasifikasi, Kolkisin, Morfologi, Mutasi, Nanas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:31
Last Modified: 19 Jan 2024 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77373

Actions (login required)

View Item View Item