Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUKIT BERBUNGA DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

FITRI JUNITA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUKIT BERBUNGA DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)

Abstract

FITRI JUNITA (2023) : PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUKIT BERBUNGA DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI Berdasarkan hasil observasi awal di TK Bukit Berbunga Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun kurang optimal sehingga perlu diberikan perlakuan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode storytelling bergambar untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Bukit Berbunga Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun, objek penelitian adalah pengaruh penerapan metode storytelling bergambar untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Bukit Berbunga Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 anak. Sampel dalam penelitian ini anak kelompok B berjumlah 15 anak. Penelitian ini dikatagorikan penelitian kuantitatif dengan eksprimen one group pretest posttest dengan t-test atau uji memiliki rumus ttabel > thitung. Jika ttabel > thitung maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan bantuan program SPSS versi 23. Digunakan rumus gain ternormalisasi dan di dapat dari hasil rumus tersebut sebesar 70,43% dikatagori tinggi. Dimana penjelasan katagorinya G<30% (Rendah),30%< G<70% (Sedang), G< 70% (Tinggi). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil data pretest rata-ratanya 29,59% berada dikatagori BB (Belum Berkembang), data posttest rata-ratanya 79,18% berada dikatagori BSB (Berkembang Sesuai Harapan). Hal ini menunjukkan bahwa dengan pengaruh penerapan metode storytelling untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Bukit Berbunga Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi dengan berdasarkan hasil analisis pada kelas eksprimen diperolah thitung = -43.590 dan ttabel = 1.94318 maka ttabel > thitung. Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan pengaruh penerapan terdapat peningkatan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun melalui penerapan metode storytelling bergambar di TK Bukit Berbunga Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci : Metode, Storytelling Bergambar, Bahasa Ekspresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:42
Last Modified: 19 Jan 2024 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77359

Actions (login required)

View Item View Item