Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS METODE ALAMIAH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDIT AN – NAJIYAH PEKANBARU

ANGGINI PUTRI HILIRA, - (2024) EFEKTIFITAS METODE ALAMIAH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDIT AN – NAJIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGINI PUTRI HILIRA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anggini Putri Hilira,(2023) : Efektifitas Metode Alamiah dengan Menggunakan Permainan Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IV SDIT An – Najiyah Pekanbaru. Penelitian ini penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode alamiah dengan menggunakan permainan hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV SDIT An – Najiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode alamiah dengan menggunakan permainan hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV SDIT An – Najiyah Pekanbaru?”. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SDIT An-Najiyah Pekanbaru, dengan sampel siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SDIT An-Najiyah Pekanbaru. Objek penelitian adalah efektifitas metode alamiah dengan menggunakan permainan hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV SDIT An – Najiyah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian, terdiri dari observasi,tes dan dokumentasi .Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode alamiah dengan menggunakan permainan hijaiyah efektif terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDIT An-Najiyah Pekanbaru. Karena Hasil pengujian dimensional siswa menunjukkan bahwa dengan nilai hitung T terhitung 1.475 pada T tailed 38 dan nilai tanda 0,232 yang lebih besar dari tingkat signifikansi 5% (0,232 > 0,05). Selain itu, ia menggunakan kelas percobaan dan metode alami mendapatkan rata-rata 84,50. Jadi Ha diterima dan Ho dikembalikan jika Menerapkan metode pembelajaran dengan metode alami secara efektif pada keterampilan menulis siswa. Kata kunci: Efektifitas, Metode Alamiah, Permainan Hijaiyah, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:56
Last Modified: 19 Jan 2024 01:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77349

Actions (login required)

View Item View Item