Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA KONFLIK TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA NURUL HIDAYAH SUNGAI SALAK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

YURIYAN DINATA, - (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA KONFLIK TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA NURUL HIDAYAH SUNGAI SALAK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YURIYAN DINATA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuriyan Dinata (2023): Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengelola Konflik Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hidayah Sungai Salak, Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan kajian tentang strategi kepala madrasah dalam mengelola konflik tenaga kependidikan. Adapun pertanyaan penelitian ini, yaitu; bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengelola konflik tenaga kependidikan di MAS Nurul Hidayah Sungai Salak, Kabupaten Indragiri Hilir, dan kendalakendala apa saja yang dihadapi oleh kepala madrasah? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses strategi pengelolaan konflik untuk meningkatkan produktivitas kerja, dan mencari tahu kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan konflik tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan data diperoleh melalui observasi deskriptif serta wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi mengelola konflik yang dilakukan oleh kepala madrasah dipengaruhi oleh paradigma hubungan manusia dengan menggunakan strategi penyelesaian yang terdiri dari strategi menghindar, akomodasi, dan kompromi. Akibatnya dampak konflik tidak selalu positif dan tidak menentu, karena tidak ada upaya untuk menjaga tingkat konflik optimal. Sementara, kendala yang dihadapi ialah tidak ada keterbukaan antara dua belah pihak. Terjadi konflik diam-diam yang sulit terdeteksi, egoisme, gengsi, dan merasa paling benar. Oleh karena itu, meningkatkan pengetahuan konseptual mengenai mengelola konflik, pengembangan kompetensi, dan mengikuti pelatihan adalah solusi yang berarti. Kata Kunci: Konflik; Kepala Madrasah; Pengelolaan; Produktivitas; Strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:00
Last Modified: 19 Jan 2024 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77336

Actions (login required)

View Item View Item