Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN WALI KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AN-NAJAH PEKANBARU

NORMELI SAPITRI, - (2023) KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN WALI KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AN-NAJAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV NORMELI SAPITRI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV NORMELI SAPITRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Abstract

ABSTRAK Normeli Sapitri (2023): Kolaborai Guru Bimbingan dan Konseling dengan Wali Kelas dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Najah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk perilaku agresif siswa di Madrasah Tsanawiyah An Najah Pekanbaru (2) Bentuk kolaborasi guru bimbingan konseling dan wali kelas dalam mengatasi perilaku agresif siswa di Madrasah Tsanawiyah An Najah Pekanbaru (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat kolaborasi guru bimbingan konseling dan wali kelas dalam mengatasi perilaku agresif siswa di Madrasah Tsanawiyah An Najah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini 1 orang guru bimbingan konseling, 3 orang wali kelas, dan 4 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah kolaborasi guru bimbingan konseling dan wali kelas dalam mengatasi perilaku agresif siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk perilaku agresif siswa adalah (a) membantah serta tidak menghargai perkataan guru (b) mengejek, mengucilkan dan berkata kasar (c) melakukan tindakan fisik seperti mencubit dan merusak barang milik temannya (2) Bentuk kolaborasi guru bimbingan konseling dan wali kelas dalam mengatasi perilaku agresif siswa adalah (a) saling melakukan komunikasi untuk membahas kondisi siswa (b) saling berbagi informasi mengenai sikap dan tingkah laku siswa (c) saling membantu tugas masing-masing seperti melakukan kunjungan rumah dan membagikan jurnal kelas kepada setiap kelas (d) mengalih tangan masalah-masalah yang dialami siswa oleh wali kelas kepada guru bimbingan konseling (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat kolaborasi guru bimbingaan konseling dan wali kelas dalam mengatasi perilaku agresif siswa adalah (a) faktor pendukung yaitu personil sekolah mendukung kolaborasi guru bimbingan konseling dengan wali kelas dalam mengatasi perilaku agresif siswa, hubungan baik antara guru dengan siswa, keinginan yang sama (b) faktor penghambat yaitu kurangnya dukungan dan perhatian orang tua terhadap anak yang berperilaku agresif, adanya perbedaan informasi oleh siswa, kurangnya kesadaran dalam diri siswa. Kata Kunci: Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dan Wali Kelas, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:11
Last Modified: 19 Jan 2024 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77324

Actions (login required)

View Item View Item