MAISYAROH, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDIT INSAN MADANI PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IVBHASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan kerja sama siswa pada muatan pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe question students have di kelas V SD IT Insan Madani. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang subjeknya adalah seorang guru dan 11 orang peserta didik dan subjeknya adalah model pembelajaran kooperatif tipe question students have dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata kemampuan kerja sama siswa hanya mencapai angka 60,45 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 79,01 atau berada pada kategori cukup, dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat kembali hingga mencapai angka 84 atau sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe question students have dapat meningkatkan kemampuan kerja sama pada muatan pelajaran IPA di kelas V SD IT Insan Madani. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Students Have
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:35 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77287 |
Actions (login required)
View Item |