Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERBAIKAN DROP VOLTAGE DENGAN PENAMBAHAN KAPASITOR, PERGANTIAN PENGHANTAR DAN PENGATURAN TAP TRANSFORMATOR (Studi Kasus: Feeder Melati PT. PLN Pekanbaru)

OKTARIANO, - (2024) ANALISIS PERBAIKAN DROP VOLTAGE DENGAN PENAMBAHAN KAPASITOR, PERGANTIAN PENGHANTAR DAN PENGATURAN TAP TRANSFORMATOR (Studi Kasus: Feeder Melati PT. PLN Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_OKTARIANO_-FIX TERBARU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada Gardu Induk Bangkinang feeder Melati di jaringan distribusi penyaluran listrik terkait dengan drop voltage, dengan feeder Melati yang merupakan feeder terpanjang diantara beberapa feeder yang ada di Gardu Induk Bangkinang dengan panjang penghantar 224,5 Kms, dan dari semua feeder, feeder melati mempunyai pembebanan terbesar 271 A, dan pada feeder Melati mempunyai tegangan hantar sebesar 18,5 kV dari tegangan standar 20 kV sehingga terindikasi terjadi drop voltage pada sistem feeder Melati. Sehubung dengan permasalahan yang terjadi, penelitian ini bertujuan untuk menekan angka persentase drop voltage yang terjadi pada feeder Melati <5%, dengan mengikutsertakan analisis simulasi aliran daya dan perhitungan teoritis. Untuk itu metode yang digunakan penulis adalah penambahan kapasitor, pengoptimalan tap trafo dan memperbesar luas penghantar untuk menekan presentase drop voltage yang terjadi, dengan bantuan software ETAP 12.6.0. Pertama melakukan pemodelan single line diagram dengan menggunakan software ETAP 12.6.0, selanjutnya simulasi aliran daya pada ETAP 12.6.0 dari 15 trafo yang ada pada feeder Melati terdapat 8 buah trafo yang mengalami gangguan drop voltage Dengan presentase drop voltage sebesar 8,72 %, 8,70 %, 9,22 %, 8,53 %, 7,01 %, 8,47 %, 8,89 %, 6,89 %. Setelah dilakukan penambahan kapasitor dengan kapasitas 241 kVAR 2 buah trafo yang tidak mengalami gangguan drop voltage, yaitu pada bus 22 dan bus 33, selanjutnya setelah pengoptimalan tap trafo 2 buah trafo yang tidak mengalami gangguan drop voltage yaitu pada bus 13 dan bus 31. Setelah dilakukan pembesaran luas penghantar dari 210 〖mm〗^2menjadi 262 〖mm〗^2 tidak ada lagi gangguan drop voltage pada feeder Melati dan tidak ada lagi bus yang mengalami drop voltage <5%. Kesimpulan setelah dilakukan beberapa metode, dapat menekan presentase drop voltage yang terjadi pada feeder Melati. Dan memenuhi standar PLN drop tegangan <5%. Kata Kunci : Jatuh Tegangan, Kapasitor, Tap trafo, Kabel Penghantar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:31
Last Modified: 18 Jan 2024 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77286

Actions (login required)

View Item View Item