Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berfikir Kreatif, dan Determinasi Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Bella Khofifah,, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berfikir Kreatif, dan Determinasi Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS bella setelah edit121121.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bella Khofifah, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berfikir Kreatif, dan Determinasi Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi bangun ruang dikarenakan penggunaan proses perhitungan yang keliru, siswa kurang latihan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas model pembelajaran Concept Attainment dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika, kemampuan berfikir kreatif, dan determinasi diri siswa di berbagai tingkat kemampuan. Penelitian menggunakan desain eksperimen dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan data dianalisis menggunakan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk siswa kategori kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Begitu juga dengan kemampuan berfikir kreatif dan determinasi diri siswa. Analisis Anova menunjukkan adanya interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Concept Attainment dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal serupa juga ditemukan dalam hubungan antara model pembelajaran ini dengan kemampuan berfikir kreatif dan determinasi diri siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Concept Attainment efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika, kemampuan berfikir kreatif, dan determinasi diri siswa di berbagai tingkat kemampuan. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam konteks materi bangun ruang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Concept Attainment, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berfikir Kreatif, Determinasi Diri

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:24
Last Modified: 18 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77274

Actions (login required)

View Item View Item