Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPARASI METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN LEXICON BASED UNTUK KLASIFIKASI SENTIMEN KOMENTAR YOUTUBE TENTANG PEMBATALAN INDONESIA SEBAGAI TUAN RUMAH PIALA DUNIA U-20

-, RAMLAN NASUTION (2024) KOMPARASI METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN LEXICON BASED UNTUK KLASIFIKASI SENTIMEN KOMENTAR YOUTUBE TENTANG PEMBATALAN INDONESIA SEBAGAI TUAN RUMAH PIALA DUNIA U-20. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
File Hasil Penelitian (Bab IV).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Text mining adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk melakukan klasifikasi dokumen, clustering, information extraction, analisis sentimen dan information retrieval dimana text mining merupakan variasi dari data mining yang berusaha menemukan pola yang menarik dari sekumpulan data tekstual yang berjumlah besar. FIFA ( Federation Internationale Football Assosiation ) sebagai induk organisasi sepak bola dunia sudah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U-20 sejak tahun 2019. Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan piala dunia U-20 untuk tahun penyelenggaraan 2021.Namun, Piala dunia U-20 pada tahun 2021 diuntur menjadi tahun 2023 mengingat pada saat itu masih ramai pandemi Covid-19. Pada tanggal 31 Maret 2023 status Indonesia sebagai tuan rumah piala dunai U-20 terancam dibatalkan dikarenakan setelah proses drawing, Gubernur Provinsi Bali I Wayan Coster menolak kehadiran Timnas Israel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana penerapan metode Naïve Bayes Classifier dan Lexicon Based untuk klasifikasi sentimen terhadap Pembatalan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 pada Komentar Youtube. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 2 metode tersebut, maka diperoleh sebuah kesimpulan bahwa model yang lebih baik dalam melakukan klasfikasi sentimen adalah model Naive Bayes Classifier dengan menggunakan jumlah data 3857 dan dataset yang seimbang (balancing) yaitu dengan akurasi untuk data validasi 80,25% dan data testing 64,09%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:26
Last Modified: 18 Jan 2024 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77267

Actions (login required)

View Item View Item