Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan LKPD Terintegrasi Islam Pada Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Indragiri Hulu

Roan Ardhika, - (2024) Pengembangan LKPD Terintegrasi Islam Pada Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Indragiri Hulu. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Roan Ardhika, (2023) :Pengembangan LKPD Terintegrasi Islam Pada Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Indragiri Hulu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, praktikalitas, serta efektivitas LKPD IPS terintegrasi Islam pada Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV di MIN 2 Indragiri Hulu dan MIS Nurul Islam. Data diperoleh dari instrumen berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa, dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD IPS terintegrasi Islam dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata yang diperoleh dari uji validitas adalah pada aspek materi diperoleh sebesar 90,5% dengan kategori sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh sebesar 87% dengan kategori sangat valid, dan dari aspek media diperoleh sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Pada aspekpraktikalitas dikalangan guru diperoleh sebesar 95% dengan kategori sangat praktis, sedangkan aspek praktikalitas oleh siswa diperoleh sebesar 91% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian keefektivan LKPD diproleh menggunakan uji keefektivitas dengan pola eksperimen dan kontrol yang menunjukkan pada kelas eksperimen dengan skor sebesar 83% dan pada kelas kontrol dengan skor 71% menunjukkan bahwa dampak positif efektivitas pengajaran dan pembelajaran IPS di kedua kelompok. Hasil hipotesis uji lanjut t-test diperoleh bahwa MIN 2 Indragiri Hulu mendapatkan nilai sig sebesar 0,020 < 0,05 dan MIS Nurul Islam mendapat kan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 maka, H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan signifikan dalam pemahaman siswa antara kelompok yang menggunakan LKPD IPS terintegrasi Islam dan kelompok yang menggunakan LKPD tanpa pendekatan Islam. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD IPS terintegrasi Islam memiliki dampak yang positif pada hasil belajar di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Indragiri Hulu. Kata Kunci : LKPD IPS, Terintegrasi Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:07
Last Modified: 18 Jan 2024 07:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77258

Actions (login required)

View Item View Item