SANDY ILHAM HAKIM SYASRI, - MODEL GAME EDUKASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK-ANAK. Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech), 4 (3). ISSN N: 2723-567X
|
Text
SANDY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Dalam era globalisasi, pemahaman bahasa Arab menjadi semakin penting, dan memulai pembelajaran bahasa sejak dini memberikan keunggulan kompetitif yang tak ternilai. Game sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Game edukasi ini didesain dengan cara yang menarik, seperti quiz dan puzzle serta game ini dibangun berbasis android dengan fleksibilitas yang tinggi memungkinkan anak-anak untuk belajar kapan saja dan di mana saja, menggunakan perangkat seperti smartphone dan tablet. Dengan pendekatan bermain sambil belajar, anak-anak diyakini dapat memahami bahasa Arab tanpa merasa terbebani. Pengembangan game ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan 6 tahapan diantranya ialah concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution, dan menguji keefektifan game dengan menjalankan pengujian menggunakan black box dan User Acceptance Test (UAT) serta menggunakan software Unity dalam membangun game yang dapat dijalankan pada smartphone android. Hasil dari pengujian Black box Testing didapatkan hasil pengujian dari fungsi mode belajar, mode bermain, pengaturan serta semua tombol dalam game berjalan dengan baik tanpa adanya error. Dari hasil pengujian UAT dengan memberikan game kepada 13 orang responden dan didapatkan nilai 90% dengan kategori sangat baik yang berarti bahwa Game Pengenalan Bahasa Arab berbasis android layak sebagai inovasi media pembelajaran yang baru dan dapat meningkatkan minat anak usia dini untuk mempelajari bahasa Arab. Kata kunci: game edukasi, pembelajaran bahasa arab, game bahasa arab, android, unity
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:03 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77249 |
Actions (login required)
View Item |