Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PABRIK BRIKET PADA SENTRA INDUSTRI KECIL MENENGAH (SIKM) MENGGUNAKAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (SLP) BERDASARKAN STUDI KELAYAKAN USAHA (STUDI KASUS: SIKM KAB.KEPULAUAN MERANTI)

ADITIYA MARIO ZAI PUTRA, - (2024) USULAN PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PABRIK BRIKET PADA SENTRA INDUSTRI KECIL MENENGAH (SIKM) MENGGUNAKAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (SLP) BERDASARKAN STUDI KELAYAKAN USAHA (STUDI KASUS: SIKM KAB.KEPULAUAN MERANTI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI ADITYA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tata letak industri yang tepat dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional dan analisis kelayakan bisnis dapat memastikan keberlanjutan dan kesuksesan jangka panjang suatu bisnis. Pabrik briket pada Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) yang berbahan baku tempurung kelapa merupakan salah satu yang membutuhkan perencanaan tata letak dan analisis kelayakan bisnis. Briket ialah bahan bakar padat yang dihasilkan dari pengolahan batok kelapa.Penelitian ini bertujuan memberikan usulan tata letak fasilitas pengolahan briket dengan jarak material handling yang pendek dan menganalisis kelayakan usaha briket. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Systematic Layout Planning. Metode ini ialah perancangan tata letak yang memperhitungkan jarak antar stasiun untuk meminimalkan aliran material dan jarak tempuh. Hasil dari penelitian ini yaitu menyediakan 2 Alternatif layout, dengan pola aliran bahan yaitu pola O. Berdasarkan perhitungan pada alternatif ke-2 diketahui jarak perpindahan operasi bahan sejauh 21,17 meter dan jarak perpindahan bahan sejauh 181,73 meter serta terpilih sebagai usulan layout pabrik briket dikarenakan memiliki jarak perpindahan operasi dan bahan terpendek. Dalam perhitungan analisis kelayakan usaha briket ini dikatakan layak dengan hasil perhitungan NPV yaitu Rp 906.934.416>0, IRR besar dari MARR yaitu 39,53%>5,75%, payback period kurang dari 5 tahun yaitu selama 2 tahun 1 bulan 15 hari, B/C Ratio yaitu 2,13>1 dan Profitabiltas index yaitu 1,13>1. Kata kunci: Analisis Kelayakan Usaha, Meterial Handling, Systematic Layout Planning, Tata letak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:25
Last Modified: 18 Jan 2024 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77243

Actions (login required)

View Item View Item