Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SENTIMENT ANALYSIS CLASSIFICATION OF POLITICAL PARTIES ON TWITTER USING GATED RECURRENT UNIT ALGORITHM AND NATURAL LANGUAGE PROCESSING

AHMAD RIZKY ANDRIAWAN, - (2024) SENTIMENT ANALYSIS CLASSIFICATION OF POLITICAL PARTIES ON TWITTER USING GATED RECURRENT UNIT ALGORITHM AND NATURAL LANGUAGE PROCESSING. Sentiment Analysis Classification Of Political Parties On Twitter Using Gated Recurrent Unit Algorithm And Natural Language Processing, 7 (2). ---. ISSN 2549-6247 (Submitted)

[img]
Preview
Text
AHMAD RIZKY ANDRIAWAN_TUGAS AKHIR.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pemilihan umum tidak lepas kaitannya dengan isu partai politik. Isu tersebut dapat berupa survei hingga sentimen. Hasil dari survei saat ini perlu dilakukan validasi mendalam terkait dengan kebenarannya. Analisis sentimen bertujuan untuk memvalidasi akan kebenaran dari lembaga survei tersebut. Terdapat 5 partai politik yang digunakan sebagai dataset pada penelitian ini yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Algoritma Gated Recurrent Unit (GRU) diimplementasikan pada penelitian ini sebagai percobaan dalam penghitungan data. Berdasarkan hasil dari penghitungan algoritma GRU dalam menghitung sentimen pada partai politik menghasilkan data teringgi pada akurasi 56,50%, presisi 72,76%, dan recall 100%.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:18
Last Modified: 18 Jan 2024 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77241

Actions (login required)

View Item View Item