Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, RISK MANAGEMENT COMMITE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT

ASMARITA KARTIKA SARI, - (2023) PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, RISK MANAGEMENT COMMITE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Risiko tidak dapat dihindarkan dari setiap bisnis. Risiko bisa terjadi kapan saja dan dalam situasi apa saja. Oleh karena itu, manajemen risiko yang efektif yang bisa mengidentifikasi dan melakukan pengungkapan dengan baik, sangat penting bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komisaris independen, leverage, profitabilitas, risk management commite dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan enterprise risk management pada sub sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah populasi sebesar 16 perusahaan asuransi. Penerapan enterprise risk management diukur dengan mempertimbangkan delapan dimensi COSO ERM Framework. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu menggunakan analisis Regresi Data Panel dan menggunakan alat bantu program computer EViews 12. Berdasarkan hasil penelitian,variabel komisaris independen, leverage, profitabilitas, risk management commite dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan enterprise risk management. berdasarkan hasil uji t, variabel leverage dan risk management committee berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan enterprise risk management. Sedangkan variabel komisaris idependen, profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan enterprise risk management. Kata Kunci: Komisaris Independen, Leverage, Profitabilitas, Risk Management Commite, Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan Enterprise Risk Management (ERM)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:26
Last Modified: 18 Jan 2024 08:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77215

Actions (login required)

View Item View Item